Sabtu, 12 April 2008

Do'a Spiritual Financial

Kehidupan Spiritual Financial akan lebih sempurna ketika kita menyiraminya dengan do’a. Selakyaknya kehidupan yang tumbuh karena air hujan, begitu juga dengan kehidupan Spiritual Financial yang membutuhkan siraman do’a. Jika telah menguasai ikhtiar fisik, maka do’a adalah ikhtiar batin. Dua kekuatan ikhtiar ini dipadukan untuk mencapai kejayaan kehidupan Spiritual Financial kita. Ikhtiar fisik dan ikhtiar batin saling melengkapi, jangan dipisahkan. Karena memisahkan dua ikhtiar ini sama dengan menghilangkan keseimbangan Spiritual Financial yang kita miliki.

Pada realitanya, sulit sekali menjaga keseimbangan kehidupan Spiritual Financial. Seperti keimanan, Spiritual Financial berpeluang untuk naik pada satu saat dan disaat yang lain mengalami penurunan. Karena itu, kekuatan do’a akan membantu kita dalam menjaga konsistensi psiko-financial untuk tetap berada pada god side. Inilah kunci abadi yang akan menyertai kita dalam menjadi kehidupan Spiritual Financial.

Sehingga kita akan benar-benar memahami, bahwa kehidupan Spiritual Financial tidak semata-mata bertumpu pada kekuatan kita. Namun, ada kekuatan Yang Maha Menguasai god side. Kekuatan Allah subhanahu wata’ala. Berdialoglah dengan Sang Pemilik god side. Mohonlah kekuatan pada Yang Maha Menguasai god side. Dan yakinlah, kita akan mendapatkan kekuatan Spiritual Financial jika kita memintanya. Seperti yang dijanjikan-Nya, “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al-Mukmin 40: 60). Maka berdo’alah :



“Ya Tuhanku, berilah Ampun dan berilah Rahmat,
dan Engkau adalah Pemberi Rahmat Yang Paling baik.”
(QS. Al-Mu’minûn 23: 118)

***

”Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian...”
(QS. Al-Baqarah 2: 126)

***

“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorangpun sesudahku,
sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”
(QS. Shaad 38: 35)

***

“Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.”
(QS. Al-Isrâ 17: 80)

***

”Ya Tuhanku, berilah Aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang Telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang
(ibu-bapakku) dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”
(QS. An-Naml (27): 19)

***

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia
dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.”
(QS. al-Baqarah (2): 201)

***

”Allahumma lâ thayra illa thayruka, wa lâ khayra illa khayruka,
wa lâ ilâha ghayruka.”
”Ya Allah, tidak ada kesialan kecuali kesialan yang telah Engkau tentukan. Tidak ada kebaikan kecuali kebaikanmu. Serta tiada illah (yang berhak disembah) selain Engkau.”
(H.R. Ahmad 2-220 dan Ibnu Sunni no. 292)

***

Allahummâghfirlî dzanbî, wa wassi’ lî fî dârî, wa bârik lî fî rizqî.
“Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, berilah aku keluasan dalam rumahku, dan berkahilah aku dalam rizqiku.”
(H.R. Nasa’I, Amalul Yaumi wal Lailah dari Abu Musa al-Asy’ari)

***

”Ya Allah, cukupkanlah aku dengan (rezki) halal-Mu dan jauhkanlah aku dari (rezki) haram-Mu dan berilah kekayaan kepadaku dengan karunia-Mu, bukan dari selain-Mu.”
(HR. At-Tirmidzi, Kitab Ad-Da’wat, Bab fi Du’a An-Nabi)

***






”Allâhumma innî a’ûdzubika minal hammi wal hazan, wal ajli wal kasali, wal bukhli wal jubni, wa dhola’idayni wa gholabatirrijâli.”
”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, hutang yang menyibukkan (pikiran dan mengacaukan hati),
dan laki-laki yang menindasku.”
(H.R. Bukhari 7/158).


Âmien.

***
[dwi.s]

2 komentar:

Admin mengatakan...

Selamt ya... udah masuk halaman teratas di google pencarian gambar dengan kata kunci "spiritual financial" (Fahmi Hasan)

Admin mengatakan...

Selamat ya... udah masuk halaman teratas di google pencarian gambar dengan kata kunci "spiritual financial" (Fahmi Hasan)